Media Pembelajaran Arduino Melalui Augmented Reality Berbasis Android dengan Metode Marker-Based

Authors

  • Aswadul Fitri Saiful Rahman Universitas Balikpapan
  • Muhammad Satria Nugraha Universitas Balikpapan
  • Mayda Waruni Kasrani Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/jteuniba.v7i1.196

Keywords:

Augmented Reality, Arduino, Unity, Android.

Abstract

Pendidikan merupakan bagian dari manusia yang tidak dapat terpisahkan dari proses pendewasaan manusia dan pendidikan memiliki pengaruh yang besar pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.Augmented reality merupakan teknologi yang menggabungkan dunia virtual ke dalam dunia nyata, sehingga jika dikombinasikan dengan proses pembelajaran memungkinkan untuk menciptakan sarana belajar yang lebih kreatif dan menarik.Arduino merupakan mikrokontroller yang memiliki fasilitas yang cukup untuk project yang tidak terlalu kompleks, arduino masuk kedalam materi pembelajaran mikrokontroller karena arduino mudah untuk pemula yang ingin bereksperimen dan salah satu kesulitan dalam mempelajari arduino ialah keterbatasan modul yang dimiliki. Pembuatan aplikasi media pembelajaran arduino dengan pemanfaatan augmented reality berbasis android dengan metode marker-based bertujuan untuk memudahkan pembelajaran tentang modul arduino uno dari fungsi setiap komponennya sampai detail board arduino uno. Pembuatan model 3D arduino uno menggunakan aplikasi 3D editing yaitu blender 3D, lalu pembuatan aplikasi android menggunakan aplikasi unity dengan tambahan vuforia untuk augmented reality-nya. Dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur selain augmented reality seperti 3D viewer modul arduino dan narasi. Dengan aplikasi ini pengguna dapat lebih mudah memahami bagian bagian modul arduino secara mendetail tanpa harus memiliki modulnya secara langsung

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Jumarlis, “Aplikasi Pembelajaran Smart Hijaiyyah Berbasis Augmented Reality,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 1, pp. 52–58, 2018, doi: 10.33096/ilkom.v10i1.238.52-58.

I. Ilmiati and P. I. Kusmadi, “Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Ciri – Ciri Mahluk Hidup Dan Lingkungan Hidupnya Di Kelas Iii Sd Negeri 01 Seluma,” JSAI (Journal Sci. Appl. Informatics), vol. 2, no. 1, pp. 123–126, 2019, doi: 10.36085/jsai.v2i1.160.

M. Sirakaya and E. K. Cakmak, “The Effect of Augmented Reality Use on Achievement, Misconception and Course Engagement,” Contemp. Educ. Technol., vol. 9, no. 3, pp. 297–314, 2018, doi: 10.30935/cet.444119.

I. Sural, “Augmented reality experience: Initial perceptions of higher education students,” Int. J. Instr., vol. 11, no. 4, pp. 565–576, 2018, doi: 10.12973/iji.2018.11435a.

H. Abbas, S. Suradi, A. Maulana, and N. U. Baharuddin, “RANCANG BANGUN OTOMATISASI PENGISIAN AIR MINUM PADA KANDANG AYAM TERNAK BERBASIS ARDUINO,” ILTEK J. Teknol., vol. 15, no. 01, pp. 9–12, 2020, doi: 10.47398/iltek.v15i01.500.

P. Studi, T. Ilmu, P. Alam, and K. Kunci, “Thabiea : Journal of Natural Science Teaching Pengembangan Perangkat Pembelajaran Subkonsep Invertebrata dengan Media Film di SMA Pendahuluan adalah untuk mengembangkan aktivitas dan dalam penamaanya , sehingga membuat siswa terhadap kepunahan ataupun kar,” J. Nat. Sci. Teach., vol. 02, no. 01, pp. 19–28, 2019.

L. Thohir, “INTEGRASI MEDIA AUDIO-VISUAL DAN TEKNIK KERJA KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMPN 15 MATARAM,” vol. 4, no. November, 2019.

A. A. R. Awaludin, P. M. Hartuti, and A. Rahadyan, “Aplikasi Cabri 3D Berbantu Camtasia Studio untuk Pembelajaran Matematika di SMP,” E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 10, no. 1, p. 68, 2019, doi: 10.26877/e-dimas.v10i1.2872.

B. Setyawan, Nf. Rufii, and A. N. Fatirul, “Augmented Reality Dalam Pembelajaran Ipa Bagi Siswa Sd,” Kwangsan J. Teknol. Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 78–90, 2019, doi: 10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90.

A. Nugroho and B. A. Pramono, “APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY BERBASIS VUFORIA DAN UNITY PADA PENGENALAN OBJEK 3D DENGAN STUDI KASUS GEDUNG M UNIVERSITAS SEMARANG,” J. Transform., vol. 14, no. 2, pp. 86–91, 2017.

Y. Hendriyani, H. Effendi, D. Novaliendry, and H. Effendi, “AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0,” J. Teknol. Komun. dan Pendidik., vol. 12, no. 1, p. 4, 2019.

Y. Setiawan, K. Anggriani, B. Susilo, and J. Pseudocode, “Evaluasi Template Matching Pada,” vol. 2, pp. 65–74, 2015.

C. I. Menayang and J. Felisa, “Shooting Game,” vol. 18, no. 2, pp. 75–91, 2019.

I. Krajci and D. Cummings, Android on x86. Springer Nature, 2013.

S. Sudaryanto and M. Ikhwandi, “Penerapan Ojs Dalam Mobile/Android Yang Diperuntukkan Bagi Pembaca Dan Author,” Compiler, vol. 6, no. 2, pp. 37–48, 2017, doi: 10.28989/compiler.v6i2.230.

D. H. Dimas, Nurjayadi, “Sains dan Teknologi Informasi Penerapan Augmented Reality Pada Informasi Data Peta Kawasan Hutan,” SATIN - Sains dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 2, pp. 100–108, 2018.

M. Mukhlis, D. Danuri, and B. Syahputra, “Aplikasi Android Peta Sekolah Bengkalis Menggunakan Google Map API,” INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 2, no. 1, p. 48, 2017, doi: 10.35314/isi.v2i1.116.

D. Y. Priyanggodo, “Prototipe Pengamanan Data Pada Aplikasi Lapor Polisi Berbasis Android Dengan Algoritma Blowfish Dan Algoritma Diffie-Hellman,” JIKA (Jurnal Inform., vol. 2, no. 1, pp. 40–46, 2018, doi: 10.31000/jika.v2i1.1185.

A. Gerber and C. Clifton, Learn Android Studio. Build Android Apps Quickly and Effectively. 2015.

K. Shirriff, “The Surprising Story of the First Microprocessors,” IEEE Spectrum, pp. 48–54, 2016.

I. G. M. N. Desnanjaya and I. B. A. I. Iswara, “Trainer Atmega32 Sebagai Media Pelatihan Mikrokontroler Dan Arduino,” J. Resist. (Rekayasa Sist. Komputer), vol. 1, no. 1, pp. 55–64, 2018, doi: 10.31598/jurnalresistor.v1i1.266.

A. Firdaus and R. Inayah, “Rancang Bangun Rautan Pensil Pintar Berbasis Mikrokontroler Atmega 8535,” pp. 31–36.

E. Williams, AVR Programming: Learning to Write Software for Hardware. 2014.

M. A. Mazidi, R. D. McKinlay, and J. G. Mazidi, The 8051 Microcontroller: A Systems Approach. Pearson Higher Ed, 2012.

M. W. Kasrani, A. Asni, and A. S. Putra, “PERANCANGAN SISTEM PENGENDALIAN KECERAHAN LAMPU UTAMA PADA MOBIL BERBASIS ARDUINO UNO,” vol. 5, no. 1, pp. 1–5, 2020.

A. B. Asni, M. W. Kasrani, and A. A. Prayitno, “Perancangan Sistem Monitoring Jumlah Slot Kosong pada Gedung Parkir 3 Lantai Berbasis Mikrokontroller,” vol. 5, no. 2, pp. 149–153, 2021.

Giri Wahyu Pambudi S.Pd, Belajar Arduino From Zero To Hero Jilid 1. 2020.

R. T. Azuma, “A survey of augmented reality,” Presence Teleoperators Virtual Environ., vol. 6, no. 4, pp. 355–385, 1997, doi: 10.1162/pres.1997.6.4.355.

S. O. Documentation, LEARNING unity 3D. .

en.wikibooks.org, Blender 3D Content Creation Noob to Pro. 2019.

M. Lombard, “Introducing SolidWorks,” SolidWorks® 2011 Parts Bible, pp. 1–35, 2013, doi: 10.1002/9781118257753.ch1.

M. Andriansyah, S. Talaohu, M. Subali, and I. Purwanto, Rancang Dan Bangun Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Dengan Vuforia Dan Unity.

Downloads

Published

2022-10-31