Penerapan Metode Forward Chaining Pada Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Transmitter Radar Plessey AR 325 Commander

Authors

  • janner halomoan silalahi TEKNIK ELEKTRO UNIBA
  • mayda waruni k
  • aswadul fitri SR

Abstract

Radar (Radio Detection and Ranging) merupakan suatu alat pendeteksi objek yang prinsip kerjanya menghasilkan sinyal energi elektromagnetik dari Transmitter dan dipancarkan oleh antenna ke atmosfer kemudian sinyal echo kembali ke antenna, selanjutnya diproses oleh receiver menjadi sebuah data di console display berupa (jarak, azimuth, heading dan kecepatan). Radar Plessey AR 325 Commander merupakan radar militer untuk pertahanan udara buatan Inggris memperkuat TNI AU dalam menjaga kedaulatan NKRI sejak tahun 1990. Dengan usia yang hampir 29 tahun sangatlah perlu inovasi dalam analisa kerusakan dan perbaikan yang cepat dan tepat. Salah satunya adalah sistem Transmitter Radar Plessey AR 325 Commander sebagai pengolah dan pemproses sinyal energi elektromagnetik. Dengan alasan tersebut maka dirancang sebuah sistem Pakar menggunakan metode forward chaining atau runut maju menggunakan Visual Basic 2010. Metode runut maju bekerja dengan cara menentukan indikator Lampu LED BITE yang mati (Trip) pada TCU kemudian akan dijabarkan langkah – langkah kerja analisa kerusakan sampai ditemukan hasil diagnosa akhir kerusakan yang menjadi penyebab kerusakan Transmitter tersebut.

 

Kata Kunci— Radar, Plessey AR 325 Commander, Transmitter, Sistem Pakar,  forward chaining.

Downloads

Download data is not yet available.

References

G. A. F. Suwarso, G. S. Budhi, and L. P. Dewi, “Sistem Pakar untuk Penyakit Anak Menggunakan Metode Forward Chaining,” J. Infra, vol. 3, no. 2, p. 18, 2015.
[2] J. R. Hartono, G. S. Budhi, and L. P. Dewi, “Sistem Pakar untuk Pertolongan Pertama pada Penyakit Umum menggunakan Metode Forward Chaining,” pp. 1–4, 2015.
[3] G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” J. Pengemb. IT, 2017.
[4] M. Arhami, Konsep dasar sistem pakar. 2004.
[5] N. Mukhtar and S. Samsudin, “Sistem Pakar Diagnosa Dampak Penggunaan Softlens Menggunakan Metode Backward Chaining,” J. Buana Inform., vol. 6, no. 1, pp. 21–30, 2014.
[6] B. R. Basics, “Radartutorial,” pp. 1–18, 2009.
[7] Plessey Radar Limited, Plessey AR 325 Commander Early Warning Radar Station For The Indonesian Air Force. England: Plessey Radar Limited.

Downloads

Published

2019-02-02