PERENCANAAN INSTALASI LISTRIK SISTEM PENDINGIN PADA KANTOR PT. SANGGAR SARANA BAJA BALIKPAPAN

Authors

  • arpiansyah . Teknik Elektro UNIBA
  • a asni b
  • anwar fattah

Keywords:

Instalasi listrik kantor, perencanaan instalasi listrik

Abstract

Semakin berkembangnya industri Kalimantan timur, tepatnya di Balikpapan. PT.Sanggar Sarana Baja adalah salah satu group dari TMT (Tiara Marga Trakindo) PT. Sanggar Sarana Baja yang rencananya akan membangun gedung yang bertujuan untuk menjaga pelayanan dan kualitas kerja yang terbaik. Pembangunan gedung ini tidak lepas dari kebutuhan instalasi listrik sistem pendingin. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan instalasi listrik sistem pendingin kantor PT. Sanggar Sarana Baja yang sesuai dengan standar PUIL. Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai acuan dalam perencanaan instalasi listrik system pendingin. Penelitian ini dilakukan dengan perhitungan besaran daya sistem pendingin pada setiap ruang, perhitungan luas penghantar dan pengaman seta merencanakan panel hubung bagi. Pada kantor PT.Sanggar Sarana Baja beban daya sistem pendingin sebesar 51.444 watt yang dibagi menjadi tiga grup beban. Grup I 18.030 wattt. Grup II 11.430 watt. Grup III 21.984 watt. Drop tegangan dari panel utama ke panel beban pendingin sebesar 5.68 volt atau sebesar 1.4 %

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]. D. Notosudjono and A. R. Machdi, “PADA GEDUNG BERTINGKAT ONIH BOGOR Oleh,” pp. 1–12.
[2] I. Santoso, “Perancangan Instalasi Listrik Pada Blok Pasar Modern Dan Apartemen Di Gedung Kawasan Pasar Terpadu Blimbing Malang,” Jur. Tek. elektro, 2014.
[3] D. S. Panggayudi, F. T.- Teknik, E. Universitas, and M. Surabaya, “Study design of electrical building distribution,” pp. 54–60, 2000.
[4] D. Notosudjono, “Analisa kebutuhan daya listrik di gedung perkuliahan 10 lantai universitas pakuan Bogor.”
[5] K. Cop, “Perencanaan Unit Mesin Pendingin Untuk Kebutuhan,” vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2015.
[6] R. Ariesta et al., “Studi Analisis Sistem Pentanahan Eksternal Pada Gedung Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Universitas Lampung,” Stud. Anal. Sist. Pentanahan Eksternal Pada Gedung Unit Pelaksana Tek. Teknol. Inf. Dan Komun. Univ. Lampung, pp. 1–5.
[7] S. Bartien, “Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000,” DirJen Ketenagalistrikan, vol. 2000, no. Puil, pp. 1–133, 2000.
[8] R. Dengan and P. Pemasangan, “ANALISIS PERHITUNGAN LOSSES PADA JARINGAN TEGANGAN RENDAH DENGAN PERBAIKAN PEMASANGAN KAPASITOR Ratih Novalina Putri, Hari Putranto,” pp. 23–28.
[9] A. Dharma, N. Gunantara, M. Amir, and N. Pramaita, “Perencanaan instalasi kelistrikan gedung pasangan tetap di bale banjar peken desa pakraman sangsit kecamatan sawan kabupaten buleleng,” vol. 15, pp. 248–254, 2016.

Downloads

Published

2019-03-04