HYBRID GENERATOR THERMOELEKTRIK PANEL SURYA THIN FILM SF 170-S CIS 170 WATT PADA PLTS 1 MW CIRATA

Authors

  • Fathana salsa hayani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Arnisa Stefanie Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Insani Abdi Bangsa Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36277/jteuniba.v6i1.102

Keywords:

EBT, Energi Surya, Panel Surya, Thermoelectric Generator.

Abstract

Energi baru dan terbarukan (EBT) mempunyai peran penting dalam memenuhi kebutuhan energy yang ramah lingkungan. Indonesia berada pada jalur khatulistiwa yang diberkahi energy matahari berlimpah. Sebagian besar pemanfaatan energy surya menggunakan panel surya. Pada penelitian ini pemanfaatan energy surya ini memanfaatkan hybrid generator thermoelektrik panel surya thin SF 170-S CIS 170 Watt. Dengan memanfaatkan perbedaan suhu untuk menghasilkan listrik, yakni suhu panas radiasi matahari dengan suhu udara, selain itu hybrid ini menjadikan lebih variatif dan optimal dalam pemanfaatan tenaga surya ini. dari satu modul yang dipasag 1 modul TEG SP1848 diperoleh energy sebesar 83,56 kWh per hari dalam waktu peak hour, dan equal sun hour sekirat 4 jam maka diperoleh energy 334,24kWH perharinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ryanuargo, Syaiful Anwar, dan Sri Poernomo Sari, Genrator Mini dengan Prinsip Termoel-ektrik dari uap Panas Kondensor padda Sistem Pendingin, Jakarta, Oktober 2013.

Sandy Anggriawan Sasmita, Muhammad Taufiq Ramadhan, Mochamad Iqbal Kamal, Yo-hannes Dewanto, Alternatif Pembangkit Energi Listrik Menggunakan Prinsip Termoelektrik Generator, Maret 2019.

Zuryati Djafar, Nandy Putra, R.A. Koestoer, Pengaruh Variasi Temperatur Fluida Panas ter-hadap Karakteristik Modul Termoelektrik Generator, Jakarta, Juli 2010.

Secretariat General National Energy Council, Indonesia Energy Outlook, 2019.

Khilyatul Khoiriyah, Mustaqimah, Aji Sukma Famuja Al Maliin, Mukhammad Taufik Maau-lana, Naufal Izzul kamal, Rancang Bangun dan Karakteristik Generator Termoelektrik Dengan Menggunakan Energi Panas Sinar Matahari, Demak, 2018.

Muammar Khalid, Mahdi Syukri, Mansur Gapy, Pemanfaatan Energi Panas Sebagai Pem-bangkit Listrik Alternatif Berskala Kecil Dengan Menggunakan Termoelektrik, Aceh, 2016.

https://sinta.unud.ac.id/uploads/wisuda/1004405095-3-9.%20BAB%20II.pdf

.net/publication/312500733_Analisis_Unjuk_Kerja_Pembangkit_Listrik_Tenaga_Surya_Plts_Satu_MWP_Terinterkoneksi_Jaringan_di_Kayubihi_Bangli

https://www.slideshare.net/icmiawan/makalah-plts

https://www.esdm.go.id/id/media-center/arsip-berita/potensi-energi-baru-terbarukan-ebtindonesia

http://www.panelsurya.com/index.php/id/panel-surya-solar-cells/560-pembangkit-listriktenaga-surya-energi-terbarukan

Downloads

Published

2021-10-31