Perancangan Alat Pembayaran Digital Berbasis E-KTP dan RFID

Authors

  • Aswadul Fitri Saiful Rahman Universitas Balikpapan
  • A. Asni B Universitas Balikpapan
  • Abdi Elman Girsang Universitas Balikpapan

Keywords:

EKTP, RFID, Digital, Arduino

Abstract

Seiring dengan perkembangan tekonologi, segala aktifitas maupun kebutuhan bisa didapatkan dengan mudah. Salah satu teknologi tersebut adalah RFID (Radio Frequency Identification) tag. RFID adalah sebuah perangkat elektronik kecil yang terdiri dari Chip dan Antena. E-KTP (Elektronik Kartu Tanda Penduduk) di Indonesia sudah menggunakan teknologi RFID yang kompatibel dengan Arduino modul RC522. Sistem ini menggunakan 2 software yaitu sistem untuk mendaftarkan software dan sistem jual beli barang. Transaksi digital lebih menguntungkan dari pada sistem transaksi konvensional dalam hal efektivitas dan keamanan. Dari hasil pengujian semua sistem diantaranya registrasi E-KTP, memasukan barang penjualan dan transaksi jual beli, didapatkan hasil yang sempurna tanpa ada sedikit masalah. RFID menjadi solusi dalam pekerjaan sehari-hari agar lebih mudah dan cepat

References

Artini, “Pengertian E-KTP dan Fungsinya,” www.artini.com. [Online]. Available: https://www.artiini.com/2016/03/pengertian-e-ktp-dan-fungsinya.html.

S. M. D. C. Mursid Indarto, “E-KTP Reader (Pembaca KTP Elektronik),” Len Industri, 2013. [Online]. Available: https://www.len.co.id/e-ktp-reader-pembaca-ktp-elektronik/.

Masrin, “Studi Tentang Pelayanan Pembuatan Ktp Elektronik (E-KTP),” Pemerintahan, vol. 1, no. 1, pp. 68–81, 2013.

R. Pertamadi, “Sistem Akses Parkir Menggunakan e-KTP Dengan Teknologi RFID Berbasis Arduiono.” Surakarta, p. 8, 2018.

Syaiful Amri, Riyanto Sigit, and S. Wardhana, “aplikasi smart card untuk pembayaran di kantin,” vol. 10, 2008.

C. P. M. Siahaan and F. R. B, “Perancangan Sistem Pembayaran Biaya Parkir Secara Otomatis Menggunakan RFID.” Medan, p. 9, 2014.

M. A. Rosida, S. Sufaidah, and T. Hariono, “Sistem Aplikasi Mahasiswa Menggunakan Bahasa Pemograman Visual Basic 6.0.” p. 10, 2018.

B. R. PUTRA, “Aplikasi Pembayaran Menggunakan Smart card berbasis RFID.” BATAM, 2014.

H. V. P. Manalu, “Perancangan Sistem Pembayaran Berbasis Radio Frequency Identification (Rfid) Pada Food Court,” J. Tek. Elektro Univ. Tanjungpura, vol. 2, no. 1, 2015.

Downloads

Published

2021-11-01 — Updated on 2021-10-31

Versions