Perancangan Tata Letak Mesin Pendingin dan Instalasi Panel Surya sebagai Supply Daya Sistem Pendingin Ruang Muat Kapal Ikan KM. Jaya Putra

Authors

  • Sabilil Huda kiki Universitas Hang Tuah Surabaya
  • Urip Prayogi Universitas Hang Tuah, Surabaya
  • Belly Yan Dewantara Universitas Hang Tuah, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36277/jteuniba.v7i1.163

Abstract

Pendingin ruang muat kapal ikan merupakan sebuah ruangan yang dirancang khusus dengan kondisi suhu tertentu yang mempunyai fungsi utama untuk mempertahankan mutu ikan hasil tangkapan nelayan dengan cara membekukan ikan hasil tangkapan dan menyimpan ikan yang telah dibekukan selain itu bertujuan untuk menghambat berkembangnya bakteri pada ikan sehingga dapat menjaga kesegarannya dan berkualitas. Perencanaan sistem pendingin box / Palka Kapal Ikan menggunakan Tenaga Surya melalui Panel Surya. Pada penelitian sebelumnya, belum dilakukan perancangan tata letak komponen-komponen Panel Surya dan belum dilakukan perancangan instalasi kelistrikan Panel Surya pada kapal ikan. Oleh karena itu perlu diadakannya Penelitian mengenai Perancangan Tata Letak Mesin Pendingin Dan Instalasi Panel Surya Sebagai Supply Daya Sistem Pendingin Ruang Muat KM. JAYA PUTRA. Manfaat pada penelitian yang akan dilakukan yaitu dapat menghasilkan perancangan tata letak komponen-komponen Panel Surya serta merancangan instalasi kelistrikan pada panel surya yang terpasang pada KM. JAYA PUTRA. Selain itu pihak pemilik kapal dapat mengaplikasikan hasil dari penelitian tersebut. Dengan studi kasus tersebut, perlu dilakukan perancangan menggunakan software AutoCAD sebagai desain 2 dimensi, kemudian diterapkan desain 3 dimensi menggunakan software Rhinoceros agar dapat memberikan gambaran visual secara nyata pada penelitian tata letak yang akan dilakukan. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini yaitu mengetahui hasil pembuatan tata letak komponen serta instalasi instalasi kelistrikan Panel Surya. Performance yang dihasilkan dari daya kelistrikan Panel surya ini selain sebagai tenaga penggerak sistem pendingin Palka Ikan, juga mampu menghasilkan komoditi berupa tangkapan ikan dengan kondisinya tetap dalam keadaan segar sehingga membuat harga ikan bernilai tinggi dan memberikan metode alternatif terhadap penghematan eneergi bahan bakar.

 

Kata Kunci: Kapal Ikan, Panel Surya, Tata Letak

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. A. Kwandang, “Pemanfaatan Cold Storage,” 19 Januari 2021, 2021. https://kkp.go.id/djpt/ppnkwandang/artikel/26458-pemanfaatan-cold-storage#:~:text=Cold storage merupakan sebuah ruangan,menyimpan ikan yang telah dibekukan.

Juarni, “Prototipe sistem pendingin ( freezer ) ikan berbasis energi surya ( photovoltaic ) pada kapal nelayan,” 2021.

Y. Songli, K. Pasau, A. Kassa, and C. L. Rantererung, “Development of Solar Power Plant for Fish Cooling in the Fisherman Ship,” ARPN J. Eng. Appl. Sci., vol. 15, no. 8, pp. 991–997, 2020.

C. L. Rantererung, S. Soeparman, R. Soenoko, and S. Wahyudi, “DUAL NOZZLE CROSS FLOW TURBINE AS AN ELECTRICAL,” vol. 11, no. 1, pp. 15–19, 2016.

Pradeepkumar. G, “A Review on Solar Drying System and its Applications. IJSRD - International Journal for Scientific Research & Development,” pp. 662–667, 2017.

M. M. Senatung, “Analisis Teknis Dan Ekonomis Pada Desain Sistem Cold Storage Kapal Ikan Tuna 30 Gt Dengan Menggunakan,” 2018.

R. Slack, N., Jones, A. B., & Johnston, “Operations management. Harlow: Pearson Education Limited.,” 2013.

Downloads

Published

2022-10-31