Rancang Bangun Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Sebagai Catu Daya Pompa Air Submersible

Authors

  • Suratno Suratno Politeknik Negeri Samarinda
  • Bayu Dwi Cahyono Politeknik Negeri Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.36277/jteuniba.v7i2.220

Keywords:

PLTS, Panel Surya, Iradiasi Matahari, Solar Charge Controller, Power Inverter, Baterai VRLA, Pompa Air Submersible.

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga surya (PLTS) sangat bagus untuk digunakan di wilayah Indonesia yang memiliki potensi intensitas penyinaran matahari sebesar 207.8 GW serta memiliki sistem dan instalasi yang praktis. Pengguna PLTS di Indonesia jumlahnya terus meningkat terutama dalam skala rumah tangga. Namun sebagian besar masyarakat dihadapkan dengan berbagai macam permasalahan tentang bagaimana memilih panel surya dan komponen-komponen yang memiliki kualitas yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk merancang, mengetahui serta kemampuan menguji kualitas panel surya dengan membandingkan tegangan, arus, dan daya yang dihasilkan oleh panel. Parameter yang menjadi tolak ukur dalam pengukuran adalah suhu pada permukaan panel surya dan iradiasi cahaya matahari untuk mengetahui kinerja dan menghitung nilai efisiensi panel surya. Berdasarkan acuan dan referensi yang digunakan, hasil dari perancangan ini menggunakan dua buah panel surya monocrystaline sebesar 320 Wattpeak dengan beban pompa air ± 350 W. Efisiensi konversi energi matahari terbesar yang diperoleh adalah sebesar 37,64% dan efisiensi konversi terkecil adalah sebesar 9,91%. Dengan rata-rata efisiensi konversi energi terhitung antara 18,46 % sampai dengan 20,62 %. Efisiensi pompa air submersible yang disupai oleh sistem sebesar 77.3 %. Perancangan ini diharapkan mampu membantu para pembaca dalam proses pembelajaran dan dapat menjadi acuan dalam proses perencanaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zaenal, Aries Jehan Tamamy, Nur Islahudin, “Perancangan Mesin Pompa Air Tenaga Surya untuk Mengurangi Konsumsi Listrik Skala Rumahan,” Jurnal Nasional Teknik Elektro, Vol. 9, No. 2, 2020.

Sevira Rambanisa Hamzah, Chairul G. Irianto, Ishak Kasim, “Sistem PLTS Untuk Pompa Air Irigasi Pertanian di Kota Depok,” Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, Vol. 17, No. 1. Halaman 73–86, 2019.

Kadek Bayu Kusuma, Cok Gede Indra Partha, I Wayan Sukerayasa, “Perancangan Sistem Pompa Air DC Dengan Plts 20 kWp Tianyar Tengah Sebagai Suplai Daya Untuk Memenuhi Kebutuhan Air Masyarakat Banjar Bukit Lambuh,” Jurnal SPEKTRUM, Vol. 7, No. 2, 2020.

F. Hidayanti, “Aplikasi Sel Surya,” Jakarta Selatan: LP_UNAS, 2020.

H. B. Tambuan, “Sistem Pembangkit Tenaga Surya,” Yogyakarta: Deepublish, 2020.

H. R. Iskandar, “Praktis Belajar Pembangkit Listrik Tenaga Surya,” Yogyakarta: Deepublish, 2020.

A. Sudrajat, “Sistem-Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya,” Jakarta: BPPT-Press, 2007.

Poppy Honora, “Pemanfaatan Tenaga Surya Sebagai Penggerak Pompa Air DC Pada Tanaman Hidroponik,” Skripsi. Medan: Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, 2018.

Tubagus Jaka Suriya, “Analisa Perhitungan Tegangan Dan Arus Pada Penggunaan Motor Pompa Air DC Yang Disuplai Oleh Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya,” Tugas Akhir. Medan: Teknik Elektro, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2018.

Akmal Syahyuddin, “Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Untuk Pengering Padi Berbasiskan Rice Cooker Machine,” Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar. 2020.

Syamsudin M., “Membuat Sendiri Pembangkit Listrik Tenaga Surya,” Bukudigital.net, 2013.

Ardhi Kusuma, “Memahami Cara Kerja Pompa Submersible,” Sanspower, 2020. [Online]. Available: https://www.sanspower.com/cara-kerja-pompa-air-submersible.html. [Accssed 03 Juli 2022]

Yuhal, “Analisis Penggunaan Panel Surya Pada Rancang Bangun Mesin Perontok Gabah”, Skripsi, Politeknik Negeri Samarinda, 2020.

Ridho Shafa Ramadhan, “Perancangan Kapasitas Sel Surya dan Beban Pada Automatic Hand Washer With Workstation”, Tugas Akhir, Politeknik Negeri Samarinda, 2020.

Builder Indonesia, “DOD Baterai dan SOC Baterai,” builder.id, 2022. [Online]. Available: https://www.builder.id/dod-baterai-dan-soc-baterai/. [Accessed 09 Agustus 2022].

Downloads

Published

2023-04-28