Perancangan dan Monitoring Sistem Pertanian Hidroponik Berbasis Wireless Sensor Network (WSN)

Authors

  • Aswadul Fitri Saiful Rahman
  • Muhammad Satria Nugraha Universitas Balikpapan
  • Agung Nugraha Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/jteuniba.v7i2.225

Keywords:

Hidroponik, Wireless Sensor Network (WSN), Sensor

Abstract

Hidroponik merupakan cara bercocok tanam dengan media air yang mengandung nutrisi di dalamnya. Salah satu faktor keberhasilan hidroponik yaitu dipengaruhi oleh bagaimana cara pemilik melakukan pemeriksaan kadar air dan melakukan pengisian nutrisi secara teratur. Pemeriksaan biasanya dilakukan dengan cara manual menggunakan alat TDS dan melakukan pengisian nutrisi hidroponik secara teratur sesuai umur tanaman dan jumlah yg sesuai. Ada saatnya pemilik tanaman hidroponik tetap dapat memeriksa parameter dan memonitor pengisian nutrisi secara otomatis meskipun berada jauh dari lokasi penanaman, untuk itu dalam penelitian ini akan dirancang perangkat alternatif untuk memudahkan pemilik dalam memonitor tanaman hidroponik dari jarak jauh yang berbasiskan Wireless Sensor Network (WSN). Parameter pengontrolan akan dikirimkan ke server melalui jaringan sensor nirkabel (WSN) dan akan disimpan ke dalam database secara realtime, WSN merupakan kumpulan dari beberapa node sensor yang dibangun di atas standar IEEE 802.15.4 dengan daya konsumsi rendah. Topologi Mesh WSN dapat menghubungkan area tanaman hidroponik satu dengan lainnya dalam lingkup WSN. Untuk monitor dari luar WSN, bisa diakses melalui web atau aplikasi android yang terhubung ke web server sistem informasi hidroponik. Satu node sensor akan terintegrasi dengan Mikrokontroler, Sensor (TDS, pH air, suhu, kelembaban), Relay, Solar panel dan Modul transmisi nirkabel untuk pengiriman data. Perancangan ini diharapkan dapat membantu petani hidroponik dalam memonitor dan mengontrol tanamannya setiap saat tanpa harus datang ke tempat penanaman

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. Ajar and M. Kuliah, “SISTEM HIDROPONIK,” 2013.

W. A. Prayitno, A. Muttaqin, and D. Syauqy, “Sistem Monitoring Suhu , Kelembaban , dan Pengendali Penyiraman Tanaman Hidroponik menggunakan Blynk Android,” vol. 1, no. 4, pp. 292–297, 2017.

A. F. S. Rahman and M. W. Kasrani, “MONITORING DAN PENGATURAN PERALATAN LISTRIK PADA BANGUNAN BERKACA DENGAN KONSEP WIRELESS,” pp. 1–6, 2017.

D. Markovi and R. Koprivica, “Application of IoT in monitoring and controlling agricultural production,” vol. XX, no. October, pp. 145–153, 2015.

C. Paper, “Internet of Things Application to Monitoring Plant Disease and Insect Pests,” no. January 2015, 2016.

Roidah,Ida Syamsu, “Pemanfaatan Lahan dengan Menggunakan Sistem Hidroponik,” 2014.

A. A. Galadima, “Arduino as a learning tool,” 2014.

M.Rif, S.HP, M. Shidiq Et al, “Optimasi Pemanfaatan Energi Listrik Tenaga Matahari di Jurusan Teknik Elektro Universitasn,” vol.6, no.1, pp.44-48, 2012.

Z. A. C. Study and M. D. D. Vishwakarma, “IEEE 802.15.4 and ZigBee: A Conceptual Study,” vol. 1, no. 7, pp. 477–480, 2012.

Downloads

Published

2023-04-28