RANCANG BANGUN PROTOTIPE SISTEM PERINGATAN DINI BANJIR MENGGUNAKAN NODEMCU ESP8266 BERBASIS WEB (INTERNET)

  • Aswadul Fitri Saiful Rahman Universitas Balikpapan
  • Mayda Waruni Kasrani Universitas Balikpapan
  • Krisman Putra Juniarto Munthe Universitas Balikpapan
Keywords: NodeMCU ESP8266, Website, PHP, Internet Of Things ( IoTs ), Sensor ultrasonik HC-SR04.

Abstract

Curah hujan di Indonesia tiap tahunnya cukup tinggi. Hal ini menyebabkan beberapa wilayah Indonesia sering terjadi bencana banjir ketika musim penghujan tiba karena beberapa faktor seperti kondisi lingkungan yang rusak, penebangan hutan secara liar dan kondisi tempat yang lebih rendah dari sekitarnya. Oleh karena itu diperlukan perancangan sistem peringatan dini banjir berbasis Web (internet) atau biasa dikenal dengan teknologi Internet Of Things ( IoTs ) yang dapat memberikan informasi ke masyarakat  yang terdekat dengan lokasi banjir dengan cepat dan akurat. Metode penelitian yang digunakan adalah Menentukan komponen utama ( mikrokontroler NodeMCU ESP8266 dan sensor ultrasonik HC-SR04 ) yang akan digunakan sebagai penyusun prototype, Menentukan dan mempelajari Komponen pendukung penyusun prototype , Menentukan software pendukung dalam membantu proses perancangan, Menyusun serta memilih Bahasa pemrograman yang tepat dan akurat pada sistem prototype, dan Membandingkan pengaplikasian cara kerja sistem pada website yang terhubung dengan prototype, dengan sistem yang lain ( aplikasi , sms gateway, dll ).

References

[1] M. A. Eko Waluyo Jati, “No Title,” Sist. Pemantau Ketinggian Air Sungai Dengan Tampilan Pada Situs Jejaring Sos. Twitter Sebagai Peringatan Dini Terhadap Banjir, Univ. Gajah Mada, Yogyakarta., 2013.
[2] R. S. Aan Nurrochman, Haris Pringadi, “No Title,” Sist. Pemantauan Banjir Nyata Waktu Dengan Menggunakan Nirkabel Data Logger Untuk Pengendali. Pintu Udar. Pada Drh. Rawan Banjir, Inst. Teknol. Sepuluh November, Surabaya., 2010.
[3] D. R. Elizabeth Basha, “No Title,” Desain Dari Awal Peringatan Banjir Deteksi Sist. untuk Mengembangkan Negara, 2007.
[4] H. Hartono, “Pengertian Website Dan Fungsinya,” J. Ilmu Teknol. Inf., 2014.
[5] Sinauarduino, “No Title,” p. 1, 2016.
[6] S. Tedy Tri, “No Title,” p. 1, 2017.
[7] “No Title.” [Online]. Available: https://www.arduinosolo.com/product/sensor-ultrasonik-hc-sr04.
Published
2020-11-18