RANCANG SISTEM ANTRIAN PADA LOKET BAA UNIBA BERBASIS ARDUINO

  • Muhamad Iqbal Zenari Universitas Balikpapan
  • Aswadul Fitri Saiful Rahman Universitas Balikpapan
  • Mayda Waruni Kasrani Universitas Balikpapan
Keywords: Arduino Uno, Printer Thermal, LCD, Buzzer, RTC.

Abstract

Tingginya minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan dijenjang perguruan tinggi berdampak pula pada kondisi suatu perguruan tinggi saat tahun ajaran baru dengan berbagai kegiatan untuk melaksanakan penerimaan mahasiswa baru. Antrian sebagai masalah yang tidak selalu terjadi setiap proses administrasi di universitas, yang mendorong kreatifitas untuk menjadikan perkembangan teknologi sebagai alat yang dapat mempermudah sebuah proses, termasuk masalah antrian, dengan membuat sebuah sistem antrian yang berbasis Arduino Uno yang terintergrasi dengan sebuah printer thermal dan LCD untuk mempermudah mahasiswa dalam menunggu antrian tanpa perlu berdesakan.

References

[1] W. T. Santoso, Y. R. W. Utami, and B. Widada, “Perancangan Sistem Antrian Digital Berbasis Mikrokontroler At89S51,” TiKomSiN, vol. 4, no. 1, pp. 52–60, 2016.
[2] S. H. Ramadhan, S. Hadiyoso, and Y. S. Hariyani, “Rancang Bangun dan Implementasi Pada Sistem Panggilan Antrian di Pukesmas Bojongsoang Berbasis Arduino Design and implementation of dialing queue in Puskesmas Bojongsoang based on Arduino,” vol. 3, no. 3, pp. 1969–1978, 2017.
[3] F. Oktavianus, E. Sabna, F. Oktavianus, E. Sabna, and K. Kunci, “Aplikasi Mikrokontroler At89S51 Pada Pengaturan Suhu,” vol. 1, no. 1, pp. 1–23, 2012.
[4] Zulfikri, M. I. Sari, and F. Susanti, “Implementation of Current Sensor and RTC (Real Time Clock) at Home Lighting Control System Using Iot (Internet of Things).,” Appl. Sci., vol. 3, no. 3, p. 1762, 2017.
[5] N. Erlita, “Aplikasi Alat Ukur Tubuh Digital Menggunakan Metode Fuzzy Logic Untuk Menentukan Kondisi Ideal Badan Dengan Tampilan LCD Dan Output Suara Untuk Tunanetra,” [Tugas Akhir], 2015.
Published
2020-11-18