PERANCANGAN ALAT PENGISI BATERAI SELULAR PANEL SURYA MENGGUNAKAN MODUL PENGENDALI TS-MPPT-60

Authors

  • A Asni B Universitas Balikpapan
  • Aswadul Fitri Saiful Rahman Universitas Balikpapan
  • Alif Risky Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/jteuniba.v5i1.87

Keywords:

pengatur pengisian baterai, panel surya, charger seluler

Abstract

Modul Pengatur pengisian baterai memiliki peranan penting dalam mengendalikan energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya dalam panel surya sebagai sumber energi listrik. Pengontrol MPPT (Maximum Power Point Tracking) merupakan salah satu jenis pengontrol yang memililki keunggulan dalam melakukan pengontrolan terhadap tegangan dan arus yang dihasilkan panel surya. Pada proses perancangan sistem panel surya sebagai charger seluler dengan memanfaatkan kemampuan TS-MPPT-60 sebagai controller, diperoleh hasil pengujian yang cukup efisien.

Hasil pengujian rata-rata yang hasilkan dengan menggunakan panel surya dan TS-MPPT-60 terjadi peningkatan nilai arus yang diterima arus TS-MPPT-60 dari panel surya meningkat dengan nilai peningkatan hingga 40% -67,5% untuk dapat digunakan sebagai baterai aki yang digunakan baterai penyimpanan energi listrik yang dihasilkan panel surya.

Pengujian dilakukan pada proses pengisian baterai HP dan nilai tegangan dan arus yang diperoleh cukup stabil. Arus yang mengalir pada proses pengisian baterai HP pada kisaran 0.82 A - 1 A untuk penggunaan kabel asli. Jenis kabel dan jenis HP merupakan faktor utama dalam proses pengisian baterai Hp.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] G. R. F. S. Sugeng Haryadi, “Rancang Bangun Pemanfaatan Panel Surya Sebagai Charger Handphone Di Tempat Umum,” Tek. mesin UNISKA, vol. 02, no. 02, pp. 114–120, 2016.
[2] Y. Rahmawati, “Portable Solar Charger Handphone,” TEKNO, vol. 14, pp. 33–42, 201AD.
[3] B. Anto, E. Hamdani, and R. Abdullah, “Portable Battery Charger Berbasis Sel Surya,” Rekayasa Elektr., vol. 11, no. 1, pp. 19–24, 2014.
[4] B. Ramadhani, Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya Dos & Don’ts, 1st ed. Jakarta: Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH, 2018.
[5] M. H. Fadhilah, E. Kurniawan, and U. Sunarya, “Perancangan dan Implementasi MPPT Charge Controller pada Panel Surya Menggunakan Mikrokontoller untuk Pengisian Baterai Baterai Sepeda Listrik,” e-Proceeding Eng., vol. 4, no. 3, pp. 3164–3170, 2017.
[6] “Solar Cells Panel Explained,” The Solarized: Something Solarized, 2011. [Online]. Available: http://www.panelsurya.com/index.php/id/panel-surya-solar-cells/solar-cells-panel-guide. [Accessed: 20-Mar-2019].
[7] R. M. Hamid, R. Rizky, M. Amin, and I. B. Dharmawan, “Rancang Bangun Charger Baterai Untuk Kebutuhan UMKM,” JTT (Jurnal Teknol. Terpadu), vol. 4, no. 2, pp. 130–136, 2018.
[8] “Rangkaian seri dan rangkaian paralel 1.” .
[9] F. Teknik, U. N. Surabaya, F. Teknik, U. N. Surabaya, N. Network, and B. Converter, “Maximum Power Point Tracking ( MPPT ) Menggunakan Metode Artificial Neural Network untuk Panel Surya.”

Downloads

Published

2020-11-19