PERANCANGAN ALAT MAKAN DAN MINUM PADA PETERNAKAN AYAM PETELUR SECARA OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER

  • zulkaini septia rini
Keywords: Aduino Nano, LDR Light sensor, RTC, Relay 4 Channel 5V, pakan ayam.

Abstract

Perkembangan teknologi digital pada bidang peternakan proses pemberian pakan dan minum, dengan menggunakan Arduino Nano untuk mengendalikan seluruh sistem automasi berupa pemberian pakan dan minum, agar proses produksi berjalan dengan efektif dan efisien. Sistem ini terdiri dari pemberian jadwal pakan dan jumlah pakan yang diberikan pada ayam setiap hari untuk pemberian pakan terdiri dari dua kali pemberi pakan yang di lakukan pagi dan sore hari. Sistem untuk memberikan input pada prosesnya menggunakan sistem otomatis.  Proses ini bekerja setelah semua input telah diberikan, mulai dari jenis pakan pertama, kedua dan ketiga keluar melalui pintu yang dibuka menggunakan prinsip pergerakan relay sesuai dengan jumlah yang ditentukan, pakan yang sudah terdapat pada tempat pencampuran akan di aduk dan tercapur, kemudian pakan yang sudah tercampur akan di kirim ke setiap kandang ayam secara merata meggunakan sistem otomatis. Hasil pengujian sitem dapat disimpulkan bahwa pada sistem penjadwalan pakan yang ditentukan oleh Arduino Nano dapat bekerja dengan tingkat keberhasilan serta sistem keamanan berjana dengan baik ketika terjadi error. Komunikasi yang terjadi antara Arduino Nano dengan komponen lainnya berjalan dengan baik.

References

[1] A. D. P. Putra, “Otomatisasi Tempat Makan Dan Minum Burung Berbasis Mikrokontroler Board Arduino Dan GSM 900,” vol. 2018, no. Senadi, 2018.
[2] M. Yohanna, D. Tri, and N. Lumban, “Rancang Bangun Sistem Pemberian Pakan dan Minum Ayam Secara Otomatis,” vol. 4, pp. 305–314, 2018.
[3] A. K. Pradiptya, “Prototipe Sistem Otomasi Pemberian Makan Dan Minum Pada kandang Ayam Menggunakan PLC Dengan Monitoring HMI,” 2018.
[4] T. Setiawati, R. Afnan, and N. Ulupi, “Performa Produksi dan Kualitas Telur Ayam Petelur pada Sistem Litter dan Cage dengan Suhu Kandang Berbeda,” J. Ilmu Produksi dan Teknol. Has. Peternak., vol. 04, no. 1, pp. 197–203, 2016.
[5] R. H. Sudhan, M. G. Kumar, A. U. Prakash, S. A. N. U. R. Devi, and P. Sathiya, “ARDUINO ATMEGA-328,” vol. 3, no. 4, pp. 27–29, 2015.
[6] R. Electronics, “Relay Board 4 Channel 5v,” no. l, pp. 5–7.
[7] U. S. Utara, “Rossum’s Universal Robots ).,” 2011.
[8] E. Rismawan, S. Sulistiyanti, and A. Trisanto, “RANCANG BANGUN PROTOTYPE PENJEMUR PAKAIAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535,” vol. 1, no. 1, pp. 49–57, 2012.
Published
2020-11-19