ENERGI TERBARUKAN APLIKASI PHOTOVOLTAIC CELL (PV) TERHADAP VARIASI BEBAN ELEKTRIK SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF

Authors

  • Nur Rani Alham Universitas Mulawarman

Keywords:

Teknologi, Photovoltaic Cell (PV), Energi Baru Terbarukan (EBT), Polycrystaline silicon

Abstract

Teknologi saat ini sudah semakin canggih dan banyak digunakan. Penggunaan teknologi ini menyebabkan peningkatan konsumsi daya listrik yang semakin besar, sedangkan sumber listrik yang digunakan masih menggunakan energi tidak terbarukan. Panel surya atau Photovoltaic adalah salah satu Energi Baru Terbarukan (EBT) yang sumber energinya berasal dari matahari. Sumber energi ini sangat familiar dimasyarakat Indonesia, tetapi masih sangat sedikit pemanfaatannya. Oleh karena itu dilakukan pengaplikasian Photovoltaic Cell (PV) terhadap variasi beban elektrik sebagai energi alternatif. Pada penelitian ini menggunakan Photovoltaic Cell berkapasitas 150 Wp, dengan jenis Polycrystaline silicon, baterai 12V/38Ah, inverter, dan solar charge control. Penelitian dilakukan selama 3 hari berturut-turut, ketika cuaca dalam keadaan cerah. Pengambilan data arus dan tegangan dilakukan selama 4 jam dengan menggunakan beban lampu 15W, dan 15W+60W. Dari hasil penelitian didapatkan modul Photovoltaic pada pabrik diketahui efisiensi sebesar  dan pada penggunaan PV yang telah diukur pada penelitian didapat efisiensi daya guna sebesar  penggunaan pada saat charge. Efisiensi daya inverter pada hari ke-1 sebesar 64%, hari ke-2 sebesar 59%, dan hari ke-3 sebesar 55%.

References

A. Julisman, I. D. Sara, and R. H. Siregar, “Prototipe Pemanfaatan Panel Surya Sebagai Sumber Energi Pada Sistem Otomasi Atap Stadion Bola”, Teknik Elektro dan Komputer, Universitas Syiah Kuala, e-ISSN: 2252-7036, pp. 35-42, Vol. 2, No. 1 2017.

M. Bachtiar, “Prosedur Perancangan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Untuk Perumahan (Solar Home System)”, Staf Pengajar D3 Teknik Listrik, Universitas Negeri Tadulako, pp. 176-182, Vol. 4, No.13, Agustus 2006.

M. Rif’an, S. HP, M. Shidiq, R. Yuwono, H. Suyono, and F. S, “Optimasi Pemanfaatan Energi Listrik Tenaga Matahari di Jurusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya”, EECCIS, Vol. .6 No. 1, Juni 2012.

M. Roal, “Peningkatan Efisiensi Energi Menggunakan Baterai Dengan Kendali Otomatis Penerangan Ruang Kelas Berbasis PLTS”. Electrical Engineering, State Polytechnic of Pontianak, ELKHA, Vol. 7, No. 2, Oktober 2015.

F. R. Aditia, “Perancangan Tenaga Surya Lampu Celup Bawah Air (LACUBA) Pada Bagan Apung)”, Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2017.

Downloads

Published

2021-04-30