Perancangan Sistem Monitoring Jarak Parkir dengan Raspberry Pi 3 dan Web

Authors

  • Aswadul Fitri Saiful Rahman Universitas Balikpapan
  • Mayda Waruni Kasrani
  • Yopi Praditya

Keywords:

Parkir, Raspberry Pi , Sensor Ultra Sonic, Motor Servo SG90, Python 3, Monitoring

Abstract

Parkir merupakan salah satu komponen suatu sistem transportasi yang perlu dipertimbangkan dalam setiap kebijakan. masalah yang selalu timbul dalam sistem perparkiran adalah kurangnya informasi mengenai status jarak aman parkir, untuk itu diperlukan sebuah sistem monitoring jarak parkir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempermudah monitoring jarak aman saat parkir dan mengetahui jumlah kendaraan yang masuk dan keluar.Pada sistem yang dirancang kali ini dilengkapi dengan Sensor Ultrasonik di beberapa titik yang mampu mengendalikan gerbang parkir yang menggunakan motor Servo SG90 sebagai hardware dan mengetahui jarak untuk di tampilkan pada LCD Char 16x2. Jarak aman yang akan tampil pada LCD Char yang di hasilkan dari sensor Ultrasonik adalah antara 26.00 cm sampai 30.00 cm jika tidak ada kendaraan yang terdeteksi dan 2.00 cm sampai 5.00 cm jika ada kendaraan yang terdeteksi. Perangkat lunak yang digunakan pada sistem ini dirancang dengan menggunakan bahasa Python 3

References

J. T. Industri, J. T. Industri, D. P. Darat, and K. Kunci, “Analisis Kapasitas dan Karakteristik Fasilitas Parkir Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau ﱠ ِ إ,” vol. 4, no. 1, pp. 35–42, 2018.

R. Aris, A. Putra, P. S. Informatika, F. Komunikasi, D. A. N. Informatika, and U. M. Surakarta, “Sistem informasi ketersediaan jarak parkir menggunakan arduino uno,” 2017.

M. Akbar, S. Jura, P. S. Komputer, J. Adiyaksa, and B. No, “Sistem Informasi Realtime Web Untuk Jarak Parkir Berbasis Embedded System digunakan oleh end user yang ingin menggunakan jasa parkir pada suatu lokasi tertentu , seperti contoh This study discusses a parking information provider system that can be used by ,” vol. 3, no. 1, pp. 33–38, 2019.

R. Maulana, H. Fitriyah, and E. Prakasa, “Implementasi Sistem Deteksi Jarak Parkir Mobil Menggunakan Metode Morfologi dan Background Subtraction,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 5, pp. 1954–1959, 2018.

D. Zulkarnain and E. S. Julian, “Perancangan Sistem Parkir Dengan Rekomendasi Lokasi Parkir,” vol. 14, pp. 17–28, 2017.

M. F. Reza, A. Yudhana, and M. Mushlihudin, “Monitoring Lama Waktu Parkir Motor Berbasis Web,” J. Ilm. Tek. Elektro Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, p. 19, 2018.

Downloads

Published

2021-05-03